SKIN 3 Clinic

Apa itu eksim?

Dermatitis atopik atau eksim atopik atau eksim alergi adalah sebutan untuk sekelompok kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gatal, meradang, dan merah pada pemilik warna kulit terang. Sementara pada pemilik warna kulit yang lebih gelap, eksim biasanya berwarna cokelat, ungu, abu-abu, atau pucat. Eksim adalah salah satu gangguan kulit yang sangat umum.

Eksim alergi bukanlah penyakit menular. Meskipun penyebab pasti eksim masih belum diketahui, para peneliti menyatakan bahwa seseorang bisa mengembangkan eksim karena kombinasi gen dan pemicu lingkungan,

Penyebab Eksim

Para ahli percaya bahwa penyebab eksim atopik adalah ketidakmampuan kulit dalam melakukan perbaikan terhadap kerusakan sehingga kulit menjadi rawan terhadap kuman dan bakteri. Mereka menyatakan bahwa ketidakmampuan ini disebabkan oleh mutasi pada sebuah gen bernama filaggrin. Untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan, kulit membutuhkan sepasang filaggrin sementara orang-orang dengan eksim hanya memiliki satu filaggrin. Eksim atopik juga dikaitkan dengan respon imun yang terlalu aktif terhadap suatu iritan. Gejala pada eksim merupakan respon tubuh terhadap suatu iritasi sehingga menimbulkan kekambuhan dan ruam. Eksim juga umumnya terjadi pada keluarga dengan riwayat asma dan alergi.

Walaupun penyebabnya belum dapat dipastikan, ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu eksim atopik, yaitu:

● Stress
● Rasa panas dan keringat berlebih
● Rasa dingin dan iklim kering
● Kulit kering
● Kontak dengan bahan-bahan kasar dan iritan seperti sabun dan kain sintetis
● Demam atau infeksi saluran nafas atas

Gejala dan Jenis Eksim Atopik

Eksim bisa menyerang wajah, leher, siku, pergelangan tangan, daerah kelamin, lutut, dan pergelangan kaki. Di mana pun daerah kulit yang terserang, ciri utama kelainan ini adalah rasa gatal. Terkadang rasa gatal dapat muncul bahkan sebelum ada ruam. Daerah kulit yang terserang akan terlihat kering, tebal, atau bersisik. Pada awalnya, ruam akan berwarna merah kemudian akan berubah menjadi kecokelatan. Lepuh bisa terjadi ketika ruam tersebut terkena infeksi. Setelah berair, lepuh tersebut akan berubah menjadi koreng dan kupasan kulit.

Dermatitis atopik adalah jenis eksim yang paling sering ditemui. Ciri dermatitis atopik adalah kulit kering dan bersisik. Kelainan ini biasanya terjadi pada masa kanak-kanak dan pada umumnya menyerang bagian dalam siku, bagian belakang lutut, dan leher.

Penanganan terbaik untuk eksim adalah dengan berkonsultasi kepada Dokter spesialis kulit. Konsultasikan segala permasalahan kulitmu kepada kami. Di Skin3Clinic segala masalah kulit dan kelamin serta perawatan wajah dapat dilakukan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top